Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Dana Bank

Ilustrasi : Sumber Dana Bank
1. Dana yang bersumber dari bank itu sendiri
Secara garis besar dapat disimpulkan pencarian dana yang berasal dari bank itu sendiri terdiri dari:
- Setoran modal dari pemegang saham
Dalam hal ini pemilik saham lama dapat menyetorkan dana tambahan atau membeli saham yang dikeluarkan oleh perusahaan
- Cadangan cadangan bank.
Maksudnya ada cadangan cadangan laba pada tahun lalu yang tidakn dibagi kepada para pemegang sahamnya. cadangan ini sengaja disediakan untuk mengantisipasi laba tahun yang akan datang.
- Laba bank yang belum dibagi
Merupakan laba yang memang belum dibagikan pada tahun yang bersangkutan, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai modal untuk semntara waktu.

Keuntungan dari sumber dana sendiri adalah tidak perlu membayar bunga yang relatif besar daripada jika meminjam ke lembaga lain. kerugiannya adalah waktu yang diperlukan untuk memperoleh dana dalam jumlah besar memerlukan waktu yang relatif lebih lama . hal ini disebabkan untuk melakukan penjualan saham bukanlah hal yang mudah.

2. Dana yang berasal dari masyarakat luas
Pentingnya sumber dana dari masyarakat luas, disebabkan sumber dana masyarakat luas merupakan sumber dana yang utama bagi bank. sumber dana yang juga disebut sumber dana dari pihak ketiga ini disamping mudah untuk mencarinya juga tersedia banyak di masyarakat. kemudian penrsyaratan untuk mencarinya juga tidak sulit.

Secara umum kegiatan penghimpunan dana ini dibagi dalam tiga jenis:
- simpanan giro (demand deposit)
- simpanan tabungan (saving deposit)
- simpanan deposito (time deposit)

3. Dana yang bersumber dari lembaga lain
Merupakan dana tambahan jika bankmengalami kesulitan dalam pencarian sumber dana pertama dan kedua di atas. pencarian dari sumber dana ini relatif lebih mahal dan sifatnya hanya sementara waktu saja. kemudian dana yang diperoleh dari sumber ini digunakan untuk membiayai atau membayar transaksi transaksi tertentu. perolehan dana dari sumber ini antara lain diperoleh dari:
- kredit likuiditas dari Bank Indonesia
- Pinjaman antarbank
- Pinjaman dari bank bank luar negeri
- Surat berharga pasar uang

Post a Comment for "Sumber Dana Bank"